Siapa pasangan yang tidak ingin memiliki buah hati? Ketika diberi pertanyaan seperti itu, pastinya setiap pasangan yang telah menikah akan menjawab bahwa mereka ingin segera memiliki momongan. Belum lagi ketika pasangan suami-istri kerap dicecar pertanyaan mengenai kapan memiliki momongan pasca menikah. Tentu pertanyaan itu akan memberikan dampak yang cukup besar bagi keinginan setiap pasangan. Ada beberapa cara cek kesuburan wanita.

Berbagai cara dilakukan oleh pasangan suami-istri untuk segera memiliki buah hati. Mulai dari menjaga kesehatan, melakukan konsultasi dengan dokter kandungan, dan terus memperhatikan masa sehat bagi kandungan dan sperma. 

Namun sayangnya tidak semua pasangan yang telah menikah dapat langsung memiliki buah hati. Beragam alasan menjadi penyebab sulitnya pasangan langsung memiliki buah hati. Meski sudah mencoba berbagai cara, beberapa alasan ini bisa menjadi penyebab kuat dari terjadinya keterlambatan memiliki momongan. Beberapa alasan tersebut meliputi kesehatan rahim ibu yang dapat dikatakan cukup lemah dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, kondisi sperma suami yang tidak sehat, dan alasan dari kedua belah pihak yang jarang diketahui tanpa adanya pemeriksaan. 

Kali ini kita akan membahas mengenai masa subur yang terjadi pada wanita. Lantas bagaimana cara mengetahui masa subur pada wanita? Ini dia cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kapan masa subur seseorang terjadi.

Masa subur seorang perempuan dapat dilihat berdasarkan siklus haid yang terjadi. Setiap perempuan tentu memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Ada yang 21 hari sudah kembali mengalami menstruasi, ada pula yang baru mengalami menstruasi setelah 35 hari atau lebih. Jadi siklus haid normal yang kerap terjadi pada wanita biasanya terjadi pada 21 hari hingga 35 hari. 

Setelah mengetahui siklus haid seseorang, tentu kita bisa menentukan masa suburnya melalui ovulasi yang terjadi. Ovulasi biasanya terjadi pada 12 hingga 14 hari setelah masa haid berakhir. Itu artinya, masa subur seorang wanita berada di 5 hari sebelum masa ovulasi atau setidaknya 12 hingga 16 hari sebelum masa haid berikutnya.

Itu dia beberapa cara mengetahui masa subur pada wanita dan cara cek kesuburan wanita. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *