Belakang ini, kabar mengenai munculnya sistem online billing sebagai fasilitas pembayaran pajak santer terdengar, sistem ini dinilai mampu memudahkan para wajib pajak dalam melunasi tanggungannya. Hadirnya metode pembayaran pajak secara digital yang kerap disebut juga e-billing membuat sebagai orang penasaran untuk mencobanya. Lalu, bagaimana cara membuat e-billing tersebut ? berikut adalah ulasannya.

Cara Membuat Online Billing

Begini tutorial membuat onlinebilling melalui djp online billing:

  1. Pertama Anda harus membuat kode billing terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan perangkat seperti handphone, laptop, ataupun tab, pastikan perangkat Anda terhubung dengan internet. 
  2. Selanjutnya klik login pada laman websitedjp online billing. Isikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan kata sandi serta kode keamanan. Kemudian klik tombol login, setelah itu Anda akan diarahkan ke beranda djp online billing.
  3. Pada beranda djp, tekan pada ikon bayar, kemudian pilih e-billing. Nama, alamat serta data terkait NPWP akan secara otomatis terisi oleh sistem. Anda perlu mengisikan jenis pajak, jenis setoran, masa pajak, tahun pajak, jumlah setor dan uraian. Setelah melengkapi isian tersebut, klik menu buat kode billing. Jika dalam pembuatan kode billing tersebut terdapat kesalahan atau bahkan kode telah kedaluwarsa, Anda bisa mencoba membuatnya kembali.
  4. Selanjutnya, Anda harus menginputkan kode keamanan Anda. Pada sistem ini juga terdapat fitur preview, yang memungkinkan Anda melihat kembali jawaban yang Anda inputkan sebelumnya. Periksalah Kembali isian tersebut, jika dirasa sudah benar maka Anda dapat memilih cetak. Nah sekarang kode sudah dapat digunakan, pergunakan kode tersebut untuk pembayaran dalam waktu yang ditentukan.

Daftar, Bayar, Selesai

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran, gunakan kode idbilling yang telah tercetak untuk melakukan pembayaran melalui teller bank, kantor pos, ATM, ataupun mobilebanking. Setelah itu barulah proses pembayaran pajak mu dengan online billing dapat dikatakan selesai. Kurang lebih seperti itulah cara membuat online billing pajak, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *