Bisnis kosmetik saat ini semakin berkembang pesat. Bahkan banyak orang mulai tertarik dengan cara membuat brand make up sendiri. Bisnis tersebut diprediksi akan terus meningkat sehingga ini menjadi peluang menjanjikan untuk digeluti.  Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis make up, Anda dapat memulainya dengan membuat brand make up sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan

Kenali Kebutuhan Konsumen

Anda akan mengalami kesulitan melakukan cara membuat brand make up sendiri jika tidak mengikuti tren yang sedang berkembang. Usahakan untuk menghadirkan produk yang lebih update dibandingkan produk milik competitor. Anda dapat berlangganan dari berbagai situs kecantikan populer untuk mengetahui apa produk baru yang mereka keluarkan. Hal ini akan membantu untuk mengembangkan produk yang digemari konsumen.

Menentukan Citra yang Melekat Pada Brand

Apa kesan yang diharapkan ketika orang mendengar nama brand make up Anda? Anda perlu memikirkan citra yang ingin dibangun secara matang. Citra tersebut misalnya adalah ramah lingkungan, elegan, feminine, modern, atau yang lainnya. Anda juga dapat memperhatikan isu-isu terkini di sekitar sebagai salah satu pertimbangan untuk menentukan citra brand.

Menghadirkan Sentuhan Berbeda Pada Produk

Jumlah brand make up yang ada di pasaran saat ini hampir tak terhitung jumlahnya. Semua brand berlomba-lomba untuk menawarkan hal yang berbeda dibandingkan merek lainnya demi menciptakan brand yang unik. Coba lakukan riset untuk menciptakan ide-ide yang unik. Anda mungkin saja menerapkan konsep yang hampir sama dengan konsep milik competitor tetapi coba berikan sesuatu yang baru atau berbeda misalnya menawarkan foundation dengan pilihan warna yang sangat beragam atau yang lainnya.

Berikan Kemudahan Konsumen Menemukan Brand Anda

Saat ini banyak orang menggunakan banyak kanal untuk berbelanja. Generasi millennial yang menjadi mayoritas konsumen make up saat ini sangat tergantung dengan teknologi. Untuk itu, pastikan Anda memberikan mereka kemudahan untuk menemukan brand make up Anda secara online. Anda dapat mempromosikan produk melalui web e-commerce dan social media seperti Instagram dan marketplace. Menambah sales channel juga akan membantu meningkatkan penjualan dan brand awareness .

Menghadirkan Customer Experience yang Menarik

Konsumen saat ini tidak hanya sekedar mementingkan produk make up tetapi juga pengalaman yang didapatkan. Pengalaman tersebut dapat diberikan melalui percobaan make up gratis atau konsultasi. Tetapi karena hampir semua brand menawarkan layanan yang hampir sama, Anda sebaiknya mencoba memikirkan sesuatu yang berbeda misalnya memungkinkan pelanggan mencoba produk make up secara virtual.

Prioritaskan Keamanan Produk

Hindari menggunakan bahan-bahan yang berbahaya pada kosmetik. Pastikan produk make up Anda memenuhi standar keamanan yang dibuktikan dengan jin dari BPOM. Uji produk tersebut terlebih dahulu sebelum dijual ke pasaran. 

Itulah beberapa cara membuat brand make up sendiri agar produk Anda dapat dengan mudah diterima di pasaran. Dengan cara tersebut, Anda tidak akan kesulitan untuk bersaing dengan brand lain yang sudah lebih dulu populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *