Untuk memiliki sebuah rumah adalah impian bagi semua orang. Banyak orang yang diberikan rezeki melimpah untuk membeli rumah secara tunai dan ada pula yang melakukan pembelian secara mencicil. Umumnya pembelian rumah secara KPR menjadi sebuah solusi yang paling tepat untuk kamu yang menginginkan sebuah rumah. Jika kamu tidak mau melakukan kesalahan saat mengajukan KPR berikut adalah cara membaca simulasi pinjaman KPR. 

Sebuah Simulasi Akan Berbeda Dengan Yang Aktual

Simulasi merupakan sebuah perkiraan bukan merupakan kondisi yang memang benar-benar nyata. Bukan hanya kredit KPR saja yang bisa dilakukan simulasi namun simulasi kredit mobil pun dapat dilakukan. Oleh sebab itu perbedaan pasti akan ada disaat kamu nantinya melakukan pengajuan. 

Biasanya perbedaan antara simulasi dan kenyataan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu suku bunga mengalami perubahan, ada beberapa biaya yang tidak masuk di dalam perhitungan simulasi pinjaman, uang muka bisa mempengaruhi plafon pinjaman yang kamu ajukan sehingga berpengaruh pada cicilan tiap bulannya. 

Harus Tahu Bagaimana Bunga KPR Dihitung

Simulasi pinjaman KPR akan memberikan hasil yang berbeda dari kenyataan ketika kamu sudah ambil pinjaman. Hal itu terjadi karena pada awal dihitung cicilan KPR tahap awal cicilan dihitung memakai bunga fixed yang lebih rendah setelah masa bunga selesai maka akan dihitung dengan bunga floating yang lebih tinggi. 

Ada Beberapa Biaya Yang Tidak Akan Masuk Di Simulasi

Simulasi hanya akan hitung beban untuk membayar angsuran pada tiap bulannya. Pada saat kamu sudah ambil pinjaman maka ada beberapa biaya yang harus kamu bayar yang jumlahnya relatif tidak kecil. Seperti biaya asuransi, notaris dan administrasi. 

Hitung Kemampuan Yang Kamu Miliki

Dengan melakukan simulasi maka kamu akan mendapatkan gambaran tentang berapa kewajiban yang harus kamu bayarkan di setiap bulannya dan untuk mengetahui apakah kamu mampu untuk membayarnya di setiap bulan. 

Selalu Berhati-hati Dalam Membandingkan

Jangan selalu terburu-buru dalam membandingkannya, pastikan terlebih dahulu apakah kompensasi yang digunakan sama dan hanya memiliki satu variabel saja yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *