Sebagai orang tua mungkin anda akan dihadapkan dengan kebingungan saat ingin memberikan tambahan pembelajaran les matematika online bagi anak anda. Mana yang lebih baik apakah les privat atau mengikuti bimbel? Yuk simak penjabaran kelebihan serta kekurangan masing-masing sebagai bahan pertimbangan anda.

Kelebihan dan Kekurangan Les Matematika Privat

Kelebihan dari les matematika privat adalah sebagai berikut:

  1. Guru lebih fokus ke anak anda saja.

Keunggulan les privat yang paling menonjol adalah guru hanya akan mengajar anak anda pada waktu tersebut. Sehingga, anak anda akan mendapatkan perhatian khusus dari guru les matematika tanpa adanya gangguan dari murid lain.

  1. Penyelesaian problem lebih mendalam.

Jika anda memilih les matematika online secara privat bagi anak anda, maka problem yang dihadapi anak saat mengikuti pelajaran matematika di sekolah biasanya akan dikupas tuntas sampai anak anda paham. Hal ini karena guru hanya fokus ke satu murid saja.

Kekurangan dari les matematika privat diantaranya adalah:

  1. Biaya yang lebih besar.

Les privat biasanya memiliki biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan bimbel, terlebih jika guru yang anda sewa sudah berpengalaman dan professional.

  1. Tidak ada kurikulum atau standar pembelajaran yang pasti.

Biasanya guru privat akan lebih fleksibel dalam mengajar sehingga terkadang tidak memiliki kurikulum atau standar pembelajaran yang pasti.

  1. Anak tidak memiliki teman.

Les privat tidak menjadikan anak anda bersosialisasi lebih dengan teman-teman sebaya karena hanya ia sendiri yang melakukan les tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Les Matematika di Bimbel

    Kelebihan jika anak anda les matematika di bimbel adalah:

  1. Biaya cenderung lebih murah.

Di bimbel, biaya les matematika online cenderung lebih murah. Terkadang jika semakin banyak murid dalam satu kelas, maka biaya yang dibayarkan akan semakin murah.

  1. Menambah pertemanan anak.

Meskipun pembelajaran dilakukan secara online, jika belajar di bimbel, semakin membuka peluang anak anda mendapatkan teman baru secara online juga.

  1. Memiliki kurikulum dan standar pembelajaran yang jelas.

Bimbel biasanya sudah memiliki standar pembelajaran yang jelas dimana sudah diterapkan sejak lama sehingga pembelajaran bisa lebih terarah.

    Kekurangan yang akan didapatkan jika menjalani les matematika online di bimbel adalah:

  1. Guru tidak fokus pada satu murid.

Guru les bimbel tidak hanya berfokus pada satu murid saja, sehingga apabila anak anda tidak aktif bertanya, bukan tidak mungkin problem yang dihadapi anak anda tidak terselesaikan selama les berlangsung.

  1. Guru tidak menyesuaikan cara pembelajaran yang mudah diserap oleh anak.

Karena memiliki murid yang banyak, guru tidak akan mencari tahu bagaimana cara pembelajaran paling efektif bagi masing-masing anak, hal ini berbeda dengan les privat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *