Proses produksi yang menggunakan canai panas kemudian di plat dan dilakukan pengelasan, besi H beam sendiri banyak digunakan apalagi besi H beam kecil.  Sama-sama banyak dipakai untuk material pembangunan, apa beda besi lainnya dengan besi H beam? Cari tahu di bawah ini, yuk!

Dimensi 

Dari segi fisik, perbedaan yang pertama kali menonjol terletak pada segi dimensi, dimensi baja pada jenis lain bisa dibilang memiliki ukuran kuping yang cenderung lebar kira-kira 200 mm × 100 mm, sedangkan untuk ukuran besi H beam pada umumnya memiliki lebar yang sama dengan kupingnya kira-kira 100mm × 100 mm.

Popularitas (dari pembeli)

Dikarenakan belum begitu familiar di masyarakat umum tentunya dari urusan pembeli atau pihak pemesan belum begitu banyak karena fungsi dan dimensinya yang lebih besar. Selain itu, harga besi H beam juga lebih mahal dari material besi lainnya dan lebih sukar ditemui di toko bangunan karena minat yang sedikit.

Fungsi 

Berbeda dengan besi pada umumnya yang sering digunakan sebagai material konstruksi rumah, besi H beam akan lebih baik digunakan sebagai material pembangunan skala besar layaknya pembangunan jalan hingga gedung bertingkat karena dimensi yang dimiliki sama antara sayap dan kuping.

Kekuatan 

Memiliki tekstur baja yang lebih padat dan besar membuat besi H beam mampu menopang bangunan dengan kokok dan daya tahannya pun kuat. Komponen baja berat diperkirakan mampu bertahan selama 10 tahun hingga lebih.

Kualitas

Sebetulnya hampir sama dengan material baja pada umumnya, besi H beam memiliki kualitas yang baik dan kepadatan baja lebih kuat sekalipun itu besi H beam kecil.

Tampak sama namun berbeda

Meskipun sekilas tampak sama dengan besi jenis I beam jika dilihat di toko bangunan, namun jika ingin membelinya harus tetap waspada karena tetap memiliki perbedaan. Kesalahan dalam pembelian bisa mengakibatkan adanya geseran rancangan. Jadi, lakukan dengan teliti.

Ulasan di atas merupakan beberapa perbedaan antara besi H beam dengan besi jenis lain. Kenali betul sebelum membeli, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *