Dengan berbahan dasar polycarbonate, atap ini memiliki unsur polimer termoplastik yang mudah dibentuk oleh suhu panas. Jenis material ini dapat membuat aliran air hujan di atap polycarbonate menjadi tak terhalangi dan juga ketika siang hari, sinar matahari dapat tembus ke dalam rumah. Hal ini menjadikan rumah Anda menjadi lebih sehat. 

Ada beberapa jenis atap polycarbonate yang perlu Anda ketahui, di antaranya :

  1. Polycarbonate Solid yang memiliki struktur lebih tebal seperti struktur kaca dengan permukaan yang datar. 
  2. Polycarbonate Multiwall atau yang sering disebut atap polycarbonate twinlite yang memiliki struktur berongga-rongga, namun jenis ini tidak bergelombang. Jenis ini lebih tahan benturan dan sulit pecah.
  3. Polycarbonate Corrugated yang memiliki struktur bergelombang.
  4. Polycarbonate Corrugated Multiwall yang memiliki struktur berongga-rongga yang menyatukan dua sisi lapisan. Jenis ini adalah jenis atap polycarbonate gelombang.

Cara mudah mengenalinya adalah dalam bentuk datar, gelombang, dan berongga yang memiliki dinding ganda. Jika Anda sudah mengenalinya, maka akan tahu kira-kira jenis atap polycarbonate mana yang cocok untuk rumah Anda. Mari kita sesuaikan dengan budget minimal dan maksimal yang Anda miliki. Jika Anda membutuhkan atap dengan penyerapan panas dengan baik (biasanya untuk tempat berjemur pakaian di lantai rumah paling atas atau di belakang halaman rumah, maka pilihlah polycarbonate berongga dan berdinding ganda.    

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah dengan sifat dasar yang menembus cahaya, ringan, tahan dengan benturan, dan juga tahan dengan perubahan iklim, menjadikan atap polycarbonate menjadi pilihan terbaik selain bahan kaca untuk atap kanopi rumah. Banyaknya volume sinar matahari yang masuk ke dalam rumah, membuat atap jenis ini dilapisi oleh lapisan anti Ultra Violet. Biasanya terdapat pada beberapa merek dari luar negeri. 

Dengan banyaknya pilihan warna seperti abu-abu, coklat, hijau, abu-abu metalik, biru, merah, opal, bahkan bening sekalipun, membuat Anda lebih nyaman dan lebih kreatif untuk memadupadankan dengan warna dinding, warna keramik lantai, maupun dengan interior rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *