Grease adalah salah satu penunjang penting dalam industri otomotif dan manufaktur. Tanpa pelumas yang satu ini, komponen mesin yang menjadi aset vital  industri akan lebih cepat panas dan rusak, salah satunya SKF grease sehingga nantinya akan sangat berbahaya bagi mesin dan bahkan bagi keselamatan jiwa operatornya. Namun, kesalahan dalam penggunaan pelumas ini juga tidak kalah berbahayanya.

Dibawah ini merupakan klasifikasi grease yang perlu anda ketahui :

Skala National Lubricating Grease Institute (NGLI)

Salah satu lembaga yang menentukan klasifikasi grease adalah National Lubrication Grease Institute (NLGI), sebuah lembaga nirlaba yang terdiri dari produsen dan distributor grease di seluruh dunia. Lembaga ini mengklasifikasikan grease yang beredar di pasaran berdasarkan tingkat kekentalannya. 

Adapun kategori grease yang dibuat oleh lembaga ini terbagi dari skala 000 (cair) hingga 6 (padat). 

  • Pada skala terendah yaitu 000, grease berbentuk seperti minyak sayur. Jenis ini biasa digunakan untuk melumasi roda gigi.
  • Pada skala 00, bentuk grease tampak seperti pasta apel. Biasa digunakan untuk melumasi wadah roda gigi
  • Pada skala 0, grease berbentuk seperti mustard. Penggunaannya terdapat pada sistem pelumasan suhu rendah dan terpusat
  • Selanjutnya, pada skala 1, bentuk grease tampak seperti saus tomat. Penggunaannya ada pada bearing needle dan multiple row roller bearing.
  • Pada skala 2, grease berbentuk seperti selai kacang. Untuk menggunakan grease skala ini, anda memerlukan sebuah alat bernama grease gun. Biasa digunakan pada ball dan roller bearing.
  • Pada skala 3, grease berbentuk seperti mentega putih. Biasa digunakan pada bearing roda dan presisi yang memiliki presisi dan beban putaran tinggi.
  • Skala selanjutnya yaitu tingkat 4, grease memiliki bentuk seperti yoghurt beku. Biasa diaplikasikan untuk pelumas rotor yang memiliki kecepatan tinggi dan beban ringan
  • Pada skala 5, grease berbentuk seperti daging halus. Biasa digunakan pada komponen peralatan modern yang memiliki kecepatan tinggi dan beban sedang.
  • Pada skala 6 atau sangat padat, bentuk grease tampak seperti keju cheddar. Pengaplikasian grease skala ini terdapat pada pillow block. Pillow block sendiri adalah komponen mesin yang menjadi tumpuan berputarnya shaft

Memilih grease yang tepat dengan SKF Grease

Dengan mengetahui skala NLGI, anda bisa menentukan grease jenis apa yang sebetulnya anda butuhkan. Meski demikian, tak sedikit pengguna yang masih kebingungan menentukan berapa skala grease yang harus mereka gunakan. 

Salah satu produk yang memiliki berbagai varian grease adalah SKF grease. Ada berbagai jenis produk grease yang ditawarkan SKF, mulai untuk keperluan industri berat, industri otomotif, hingga grease yang ramah lingkungan yang diperuntukkan bagi industri pertanian. Berbagai varian SKF grease ini amat memudahkan terutama bila anda kesulitan menentukan skala NLGI yang cocok untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *