Berbicara soal kendala atau masalah yang kerap terjadi pada mesin – mesin genset adalah masalah pada tegangan. Begitu pun dengan genset Perkins 100 kVA juga tak lepas dari problem genset jika perawatan yang kurang baik. Walaupun terkenal akan ketangguhannya, mesin penghasil listrik ini pun membutuhkan perawatan agar ketangguhannya tetap terjaga, serta awet dan tahan lama.

Berikut ini adalah beberapa kendala yang mungkin terjadi pada generator set merk Perkins ini, serta mengapa hal ini bisa terjadi.

Hilang Daya Tegangan

Accu masih bagus dan airnya pun penuh, bahan bakar masih ada tapi kenapa tegangan dari genset tidak keluar sama sekali? Hal ini dikarenakan beberapa hal seperti AVR, varistor atau kabel PMG sudah rusak, selain itu magnet residu yang terdapat didalamnya telah hilang, atau karena voltmeter yang rusak sehingga genset tidak memiliki daya bahkan sekedar untuk menyala.

Daya Tegang Berkurang

Tegangan dari genset tidak normal dan cenderung daya tegangan genset berkurang, sering terjadi pada genset yang sudah cukup tua apalagi sudah berkali – kali di servis. Ini terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor seperti, AVR mengalami kerusakan karena terlalu sering di bongkar sehingga setelan tegangan berubah dan kurang sesuai, hand trimmer rusak, atau RPM mesin diesel sudah melemah sehingga membuat tegangan yang dihasilkan dari genset terasa melemah.

Tegangan Terlalu Tinggi

Genset perkins 100 kVA menghasilkan tegangan lebih tinggi dari biasanya, hal ini terjadi karena faktor bocornya isolasi pada gungan. Coba anda cek per kabel karena problem daru genset yang satu ini sering terjadi karena hal tersebut. Atau bisa saja karena RPM mesin diesel genset tidak berada pada posisi yang tinggi.

Tegangan Tidak Stabil

AVR sering menjadi akar setiap problem yang terjadi pada genset, karena kerusakan pada AVR tak hanya menyebabkan tegangan genset menghilang namun juga menjadi tidak stabil, jika ini dibiarkan maka genset perkins 100 kVA akan mengalami problem kebagian lain seperti putaran RPM akan mengalami ketidakstabilan.

Melihat kendala tersebut sebaiknya anda segera membenahi dari akar permasalahanya, agar kerusakan yang terjadi tidak menyebar hingga membuat genset mengalami kerusakan fatal. Disarankan anda untuk rajin memeriksa kondisi genset dari waktu ke waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *