Saat ini layanan jasa eksplorasi mineral banyak diincar orang, utamanya para pengusaha yang bekerja pada bidang pertambangan. Tidak heran jika kemudian layanan ini pun mulai bermunculan. Sehingga Anda pun dapat menemukannya dengan mudah. 

Mengenal layanan jasa eksplorasi pertambangan 

Dalam dunia pertambangan, ada banyak sekali produk yang harus dieksplorasi. Dimulai dari mineral hingga batubara. Sementara itu, untuk teknik eksplorasi mineral dan batubara juga dikenal dengan cara yang berbeda. 

Meski demikian, jika dilihat dari proses atau tahapan yang dimilikinya, tetaplah tidak jauh berbeda. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai tahapan eksplorasi. Ada baiknya jika Anda mengenali apa yang dimaksud dengan eksplorasi itu sendiri terlebih dahulu. 

Eksplorasi dikenal sebagai bentuk penyelidikan yang dilakukan terhadap sesuatu hal. Karena kegiatan eksplorasi yang satu ini berkaitan dengan dunia pertambangan. Tentunya penyelidikan yang dimaksud pun bertujuan untuk menyelidiki bahan-bahan pertambangan. 

Tidak heran jika kemudian mineral dan batubara juga termasuk ke dalamnya. Selain itu, penyelidikan juga dilakukan lebih mendalam dengan mencari tahu beberapa hal yang berkaitan dengannya. Seperti halnya cadangan, bentuk, sifat atau bahkan letak hingga mutu dan nilai ekonomi yang dimilikinya. 

Untuk kegiatan eksplorasi sendiri secara umum, ia dapat dibagi menjadi dua bagian. Pertama dikenal dengan sebutan eksplorasi langsung dan yang kedua adalah metode eksplorasi tak langsung. 

Tahapan eksplorasi

Untuk tahapan eksplorasi mineral atau bahkan batu bara itu dibagi menjadi beberapa bagian. Ingin tahu seperti apa pembagian tahapan yang dimilikinya? Berikut penjelasannya : 

  1. Tahap pre exploration 

Dilakukannya studi regional, sehingga indikasi adanya cekungan dapat ditemukan dengan lebih mudah. Selain itu, pada tahap ini juga diharapkan adanya beberapa output yang dapat membantu tahapan selanjutnya. 

  1. Tahap ke-1, regional prospect area assessment 

Tahapan yang satu ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas terkait kondisi geologi deposit juga mining section coal seam. Selain itu, ada tahap ini juga dilakukan pemetaan, pendahuluan dan pemboran dengan jarak tertentu. Sedangkan untuk metodenya ia lebih menggunakan metode fisika geometri.

  1. Tahap ke-2, prospect evaluation

Maksud dari tahapan yang satu ini adalah meningkatkan conference level. Utamanya hal tersebut berkaitan dengan pengkajian kualitas, cadangan, dan berbagai macam hal yang berkaitan dengannya.

  1. Tahap ke-3, detailed evaluation 

Untuk tahapan yang satu ini, keberadaannya dilakukan sebagai persiapan dari penambangan awal. Hal tersebut juga bertujuan untuk membuat desain coal preparation plant. 

  1. Tahap ke-4, mine planning 

Pada tahapan ini dilakukan proses detailed mine yaitu perencanaan tambang atau preparation plant. Hal tersebut dilakukan berdasarkan pada kombinasi dari data eksplorasi yang telah didapat. 

  1. Tahap ke-5, penambangan 

Sesuai dengan namanya tahapan penambangan. Pada tahapan yang satu ini, penambangan dikenal sebagai puncak utama dari kegiatan eksplorasi. 

Untuk tahapan yang satu ini, ia hadir dengan beberapa langkah berbeda, yaitu : 

  • Survey 
  • Prospeksi 
  • Eksplorasi pendahuluan 
  • Eksplorasi rinci

Demikianlah kiranya beberapa penjelasan singkat mengenai tahapan eksplorasi yang bisa Anda lakukan secara mudah melalui layanan jasa eksplorasi mineral. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *