Sebagai bahan material dalam proyek konstruksi, batu bata ringan jauh lebih diminati daripada bata konvensional. Setidaknya untuk masa–masa kini, dimana masyarakat lebih mencari bahan material bangunan dengan bobot yang ringan, namun mampu memberikan kualitas terbaik seperti ketangguhan dan anti guncangan atau tekanan. Tidak heran jika dimana-mana, sudah banyak para pedagang dengan ‘iklan’ jual bata ringan untuk menarik pembeli.  

Batu bata ringan merupakan bahan material yang terbentuk dari campuran pasta alumunium dengan semen, gypsum, dan pasir kuarsa. Tak heran jika tekstur permukaannya halus namun sedikit berkapur dari hasil gypsum. Namun, batu bata ringan ini jauh lebih ekonomis. Harga jual bata ringan juga tidak semahal batako ataupun beton. 

Pada artikel ini, mari kita simak lebih lanjut mengenai harga jual bata ringan termurah yang bisa anda jadikan pertimbangan. Tentu saja, dengan keunggulannya yang terjamin; anti guncangan dan gempa, presisi dan permukaan yang rapi, dan bobot yang jauh lebih ringan, dan harga yang terjangkau, menggunakan bata ringan dalam proses konstruksi proyek anda bisa dicoba. 

Selain itu, kita juga akan membahas cara pemasangan bata ringan dalam proses konstruksi yang sedang berjalan. Keunggulan lain yang perlu anda ketahui adalah, pemasangan dan finishing bata ringan lebih mudah dilakukan, loh. Mari kita simak bersama ya! 

Harga Jual Bata Ringan Rata-Rata di Pasaran

Untuk harga jual bata ringan, tergantung dari jenis, ukuran, dan banyaknya pesanan. Penulis akan mencoba menjabarkan beberapa informasi harga yang paling banyak berada di pasaran. Berikut daftarnya: 

  1. Bata ringan dengan jenis Voscon, membanderol harga Rp 700.000,- sampai Rp 1.000.000,- per meter kubiknya. 
  2. Bata ringan dengan jenis Hebel, harganya berkisaran Rp 750.000,- per meter kubiknya. 
  3. Bata ringan satuan dengan ukuran 10 x 20 x 60 cm, memiliki harga sekitar Rp 8.000,- dan paling mahal Rp 15.000,- dan untuk per kubiknya harga mulai dari Rp 600.000,-.
  4. Bata ringan satuan dengan ukuran 7,5 x 20 x 60 cm, memiliki harga sekitar Rp 7.000,- dan untuk per kubiknya memiliki harga mulai dari Rp 500.000,- 

Nah, untuk lebih jelasnya, anda bisa memeriksa langsung ke produsen ya. Karena harga sangatlah dinamis dan bisa berubah-ubah setiap waktu. 

Cara Pemasangan Bata Ringan 

Ketika anda memutuskan untuk membeli, tentunya anda harus mengetahui cara pemasangannya. Berikut cara sederhana dalam pemasangan bata ringan:

  1. Basahi atau rendam bata ringan agar tidak terlalu cepat mengeras.
  2. Campurkanlah air dan semen instan sebagai perekat bata ringan.
  3. Mulailah menyusun bata ringan dan rekatkan dengan semen dengan ketebalan kurang lebih 3 mm tiap sekatnya. 
  4. Tunggu tumpukkan mengering sebelum melakukan proses finishing. 

Sekian informasi dari penulis mengenai harga jual bata ringan dan juga cara mudah pemasangannya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dimanapun anda berada!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *