Dua produk perbankan yang sudah tidak asing lagi di tengah- tengah masyarakat yaitu deposito dan tabungan. Namun, anda harus tahu perbedaan dari keduanya karena keduanya tidaklah sama. Deposito merupakan produk bank yang tergolong dalam kategori investasi. Sementara tabungan termasuk dalam kategori simpanan. Bunga deposito bank biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan. Kemudian, dari kedua jenis produk bank tersebut ditawarkan lagi kepada masyarakat dalam dua jenis, yaitu konvensional dan syariah. Agar tidak bingung, berikut perbedaan deposito dan tabungan secara lebih rinci; 

Suku Bunga Deposito Bank Lebih Tinggi 

Besaran suku bunga merupakan pembeda yang sangat jelas antara deposito dan tabungan. Jadi, keuntungan jika anda memasukkan dana ke deposito akan mendapatkan bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan memasukkan dana ke rekening tabungan. Pada tahun 2020 saja, kisaran bunga deposito bank yaitu antara 3%-5% per tahun. Sementara bunga tabungan hanya berkisar antara 0,0% – 1%. 

Fleksibilitas dalam pengambilan uang 

Dari rekening tabungan, anda bisa mengambil uang kapan saja. Hal ini berbeda dari deposito. Uang yang ada di deposito tidak dapat dicairkan begitu saja karena terdapat tenor atau jangka waktu tertentu. Beberapa ragam tenornya yaitu 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan. Jika anda tetap memaksa untuk mengambil uang sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan dikenakan biaya penalti. 

Menabung dan investasi 

Selain bunga deposito bank lebih tinggi, hal lain yang menjadi pembeda antara kedua produk bank tersebut yaitu kegunaannya. Deposito bisa dijadikan investasi karena suku bunganya lebih tinggi dan paling minim resiko jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Sementara tabungan adalah tempat untuk menabung/menyimpan dana yang mungkin akan anda gunakan dalam keseharian. 

Buku tabungan dan bilyet 

Jika anda ingin menabung di bank, anda bisa membuka rekening tabungan. Anda juga akan menerima fasilitas kartu ATM sebagai bukti bahwa anda sudah mempunyai tabungan di bank tertentu yang anda tuju. Modalnya juga ringan, mulai dari Rp.100 ribu. Namun, jika anda ingin membuka deposito, tanda buktinya berupa bilyet deposito. Untuk minimalnya ada bank yang menetapkan Rp. 5 juta dan ada pula yang Rp. 10 juta. Jadi, sangat tinggi sekali jika dibandingkan dengan tabungan biasa. 

Itulah perbedaan antara deposito dan tabungan secara lebih jelas. Yang pasti, masing-masing produk tersebut memiliki keunggulan sehingga keuangan anda bisa terbantu dengan lebih baik. Jika anda ingin dana diambil kapan saja, maka tempatkanlah di tabungan. Sementara itu, untuk dana yang tidak akan terpakai dalam waktu dekat sebaiknya disimpan dalam deposito karena deposito mempunyai jangka waktu. Dengan begitu, keuangan anda akan lebih terkontrol. Jika anda ingin memilih deposito, maka bisa mencari informasi terlebih dahulu mana bunga deposito bank paling tinggi. Anda pun dapat memanfaatkan hal itu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *