Dengan Anda melakukan investasi tak hanya dapat mengamankan uang, namun juga di masa depan dapat menambahkan nilai dari mata uang. Biasanya investasi jangka panjang sering dipilih oleh investor dikarenakan nilai uangnnya dapat terus mengalami keuntungan dan kenaikan di masa depan. Berikut ini berbagai jenis investasi yang berjangka panjang.

Jenis Investasi Jangka Panjang

Ada beragam jenis dari investasi yang dianggap sesuai untuk jangka waktu yang panjang, seperti di bawah ini:

  1. Reksadana

Investasi reksadana dapat dijadikan investasi yang berjangka panjang. Secara khusus jenis inivestasi dari reksadana yang paling cocok untuk digunakan dalam jangka waktu panjang adalah saham.

Reksadana saham sendiri merupakan reksadana yang mengalokasikan dana dari investor ke dalam pasar modal. Investasi ini sendiri tergolong cocok untuk dilakukan para pemula karena terdapat manajer investasi yang dapat membantu dalam memilih saham terbaik.

  1. Obligasi

Instrument investasi ini sering disukai oleh para investor maupun pengusaha. Obligasi merupakan surat utang yang diberikan peminjam kepada para pemberi pinjaman. Di dalam surat ini terdapat nama Anda dan juga tanggal dari jatuh tempo pinjamannya.

  1. Properti

Salah satu produk dari investasi jangka panjang yang bernilai tinggi adalah tanah beserta bangunannya maupun tanah. Hal tersebut dikarenakan nilai jual dari tanah cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. 

Terjadinya peningkatan harga di setiap tahun dikarenakan permintaan akan tanah maupun rumah terus meningkat. Apalagi rumah merupakan kebutuhan yang utama bagi setiap manusia.

  1. Saham

Saham merupakan investasi bagus untuk jangka panjang karena mempunyai beberapa keuntungan seperti likuiditas yang tinggi, mendapatkan dividen dan laba dari perusahaan, tidak perlu mengelola bisnis maupun properti karena saham merupakan kertas investasi, dan masih banyak lagi.

  1. Emas

Investasi emas sudah terbukti menguntungkan sejak lama dalam investasi yang berjangka panjang. Hal itu dikarenakan nilai emas sering mengalami kenaikan di setiap tahunnya. Kalaupun terjadi penurunan juga nilainya tidak signifikan. 

Strategi Investasi Jangka Panjang

Terdapat beberapa strategi yang harus Anda lakukan pada saat ingin investasi jangka panjang, seperti harus beradaptasi dan sabar, memulai investasi secepat mungkin, serta memilih investasi yang dimengerti. Itulah beberapa jenis investasi dan juga strategi dalam melakukan investasi berjangka panjang yang perlu Anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *