Kecanggihan teknologi dan juga internet saat ini, memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas jual beli secara online. Berbicara aktivitas jual beli online, erat kaitannya dengan website dan juga marketplace sebagai lapak untuk berdagang dan juga mencari barang. Bagi anda para pebisnis, anda juga perlu mencoba untuk menggunakan multi channel ecommerce software, yakni sebuah multichannel ecommerce platform yang memudahkan para penjual khususnya untuk menawarkan produk barang atau jasa.

Apa itu multi channel ecommerce software

Sebuah aplikasi atau software yang dirancang untuk mengumpulkan informasi serta menyatukan pendataan produk yang dijual pada berbagai marketplace. Melalui aplikasi multi channel, lebih dari satu marketplace dapat ditampilkan baik secara terpisah atau menjadi satu, dengan tujuan memudahkan pengelolaan pesanan masuk. Jadi multi channel ecommerce software sangat berguna  bagi penjual yang menggunakan berbagai jenis marketplace sebagai tempat berjualan, tanpa harus membuka aplikasi marketplace satu persatu untuk merespon pelanggan.   

Mengenal jenis multi Channel e-commerce

  1. B2B atau Business to Business

Jenis pertama yakni B2B. Multi channel yang melibatkan semua transaksi berkaitan dengan jasa dan barang, termasuk transaksi elektronik. Multi channel ecommerce ini dilakukan antar perusahaan, seperti penjual grosir.

  1. B2C atau Business to Customer

B2C erat dengan ritel online. Pesatnya bisnis yang memanfaatkan multi channel ecommerce software ini terbukti dengan adanya website, toko, dan juga mall di internet. Jenis ini berkaitan dengan transaksi antara bisnis dengan konsumen akhir.

  1. C2C atau customer to customer

Jenis C2C umumnya diterapkan pada platform jual beli online. Maknanya, C2C memiliki kaitan erat dengan transaksi online antara barang dan jasa pelanggan yang dibantu oleh pihak ketiga.

  1. Jenis customer to Business

Disebut dengan C2B, transaksi multi channel ecommerce ini dilakukan pada website dan terjadi transaksi antara konsumen ke perusahaan.

  1. B2A atau Business Administration

Dimana transaksi dari multi channel ecommerce satu ini terjadi antara perusahaan dengan administrasi publik. Cakupannya terbilang luas dan juga beragam. Mulai dari layanan pemerintahan, dokumen hukum, pajak jaminan sosial dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *