Deposito merupakan salah satu jenis investasi yang cukup dilirik oleh sebagian orang, pemula yang ingin berinvestasi umumnya takut mengalami kerugian, tak jarang mereka maju mundur untuk sekedar memulai investasi, terlebih lagi beragam pilihan instrumen investasi memang menarik untuk dicoba, lantas apa jenis investasi yang aman bagi pemula?

Manfaat Investasi

Siapa yang tidak mengenal istilah investasi? Investasi merupakan bentuk penanaman uang atau modal untuk mendapat keuntungan selama periode tertentu, terdapat beragam jenis investasi yang dapat Anda jadikan pertimbangan diantaranya asurans; obligasi; deposito; properti; reksadana; saham, sebelum memulai berinvestasi Anda perlu menentukan jenis investasi jangka panjang atau jangka pendek, karena masing-masing bentuk investasi mempunyai ketentuan sendiri sebelum Anda mendapatkan keuntungan.

Investasi jangka pendek merupakan jenis investasi yang keuntungannya baru dapat diperoleh dalam kurun waktu minimal 1 tahun, sedangkan investasi jangka panjang merupakan jenis investasi yang keuntungannya dapat dinikmati minimal 3 tahun, oleh karena itu Anda harus menentukan jenis investasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Perlu sekali mempelajari produk investasi karena setiap investasi pastinya memiliki tingkat resikonya sendiri baik resiko kecil hingga resiko tinggi, setelah mempelajari produk investasi Anda bisa lebih siap menghadapi resiko yang datang menghampiri, dengan berinvestasi Anda akan mendapatkan beragam manfaat seperti meningkatkan jumlah aset; melindungi aset dari pengaruh inflasi hingga kebebasan finansial, bagi Anda yang saat ini ingin mencoba investasi bisa memilih salah satu produk investasi yaitu deposito bank.

Mengenal Deposito

Salah satu jenis produk investasi yang satu ini bisa dikatakan minim resiko, meski termasuk dalam investasi jangka pendek namun keuntungan deposito terbilang lebih tinggi dari produk perbankan yang lain, terlebih lagi investasi ini mudah dan cocok dicoba oleh para pemula.

Syarat umum untuk membuka tabungan berjangka ini tidaklah sulit, bahkan hampir sama seperti Anda menabung di bank pada umumnya, pastikan Anda sudah memiliki tabungan di bank yang akan dijadikan tempat membuat deposito berjangka, cukup mengisi rekening deposito dengan menunjukkan kartu identitas diri yang masih berlaku beserta fotokopinya, setelah itu Anda serahkan nominal uang sesuai dengan kebutuhan sebagai setoran awal kepada petugas.

Anda dapat memilih berapa jangka waktu pengambilan keuntungan mulai dari 1 tahun; 3 tahun; 5 tahun, sesuaikan saja dengan keinginan dan kebutuhan Anda, keuntungan deposito terbaik yang akan Anda dapatkan nantinya disesuaikan dengan tingkat suku bunga yang berlaku saat itu, perlu menjadi catatan jika Anda mengambil dana sebelum batas periode maka akan terkena pinalti.

Jadi sudahkah Anda menentukan jangka waktu yang tepat? Pastikan Anda memilih deposito dan menerapkan strategi agar mendapatkan keuntungan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *