Sebagai naungan untuk berteduh dan berlindung, genteng menjadi salah satu material utama pada sebuah bangunan. Berbagai macam genteng banyak terbuat dari tanah liat yang dibakar, namun kini telah hadir genteng metal pasir yang terbuat dari logam dan dinilai lebih unggul dari jenis genteng lain pada umumnya.

Apa sih genteng metal pasir itu?

Pada sebuah bangunan, penggunaan material genteng menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Bahan bangunan sebagai atap pelindung ini umumnya terbuat dari tanah liat yang dicetak lalu dibakar. Walaupun tebal, namun juga terkadang rapuh. Sebagai solusi hal tersebut, kini banyak produsen genteng beralih dengan penggunaan logam sebagai bahan baku pembuatan genteng.

Genteng atap genteng metal pasir merupakan terobosan luar biasa sebagai perlindungan rumah dari berbagi cuaca ekstrim. Terbuat dari logam metal yang ringan dengan ketangguhan dan daya tahan yang lebih awet, membuat genteng jenis ini diklaim lebih baik daripada genteng konvensional yang pada beberapa dekade banyak digunakan.

Banyak arsitektur bangunan modern mulai beralih pada penggunaan genteng metal pasir. Selain kokoh dan ringan bahkan anti pecah, harga yang terjangkau menjadi salah satu alasan pemakaian jenis genteng ini. material yang dinilai lebih efektif dan membuat bangunan lebih kuat menjadikan genteng metal menjadi prioritas pilihan dalam pembangunan di era sekarang.

Bagaimana proses pembuatan genteng metal pasir?

Di lain sisi, proses pembuatan genteng metal pasir dinilai lebih praktis ketimbang genteng konvensional. Logam sebagai salah satu bahan utama melewati beberapa tahapan hingga akhirnya menjadi produk siap jual dengan berbagi ukuran ban varian. Agar lebih jelas, seperti berikut inilah tahapan dari proses pembuatan genteng logam:

  • Logam metal sebagai bahan utama dipotong sesuai pola dengan mesin yang berteknologi sangat canggih.
  • Selanjutnya adalah proses pewarnaan serta penaburan pasir maupun coral sebagai lapisan genteng metal pasir.
  • Tahap selanjutnya yaitu proses pembakaran yang dilakukan sebanyak dua kali.
  • Proses berikutnya ialah pemeriksaan kualitas pada genteng metal.
  • Apabila sudah ditentukan lolos maka beralih pada proses pengemasan hingga tahap distribusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *