Pemasangan besi kanal C untuk atap bisa dilakukan oleh jasa profesional yang terdapat di sekitar Anda. Meskipun demikian, beberapa orang memilih untuk memasangnya sendiri, karena dapat menghemat biaya tenaga kerja.

Hal-hal yang dapat Anda perhatikan ketika memasang besi kanal C atau besi CNP adalah sebagai berikut.

Perhatikan jarak pemasangan

Logam besi dikenal memiliki sifat mudah memuai jika terkena panas ataupun menyusut ketika dalam cuaca yang dingin. Pemasangan yang terlalu renggang dapat membuat atap bangunan mengalami kebocoran akibat pemuaian kanal C. Sementara jika terlalu rapat, pada saat cuaca dingin dapat membuat atap terlihat acak-acakan akibat atap yang saling menumpuk.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan jarak pemasangan pada besi kanal C untuk atap. Hal ini untuk menghindari terjadinya risiko kebocoran ataupun tampilan atap yang menjadi acak-acakan pasca pemasangan.

Perhatikan beban tampung

Beban tampung atap akan mempengaruhi penggunaan dari besi kanal C yang digunakan. Jika struktur atap bangunan digunakan untuk menampung beban yang berat, maka pemasangan kerangka besi kanal C dianjurkan untuk rapat, supaya tetap aman dan kokoh. Sebaliknya, jika beban tampung termasuk ringan, maka kanal C tidak perlu dipasang terlalu rapat.

Material apa yang Anda gunakan untuk atap bangunan Anda? Apapun material yang Anda gunakan sebagai atap akan mempengaruhi penggunaan besi kanal C sebagai kerangkanya.

Perhatikan proses penyambungan kanal C

Besi kanal C memiliki sifat yang berat dan kuat. Karena sifatnya inilah, pemasangannya harus diperhatikan dengan baik, apalagi besi kanal C untuk atap bangunan. Pemasangan yang salah hanya akan membuat kanal C tersebut lepas atau copot ketika menghadapi cuaca ekstrem, seperti angin kencang, atau bencana lainnya.

Oleh sebab itulah, proses penyambungannya perlu diperhatikan. Umumnya, pemasangan besi kanal C untuk atap menggunakan baut dengan kualitas yang baik. Sehingga, akan terhindar dari risiko hempasan angin kencang.

Sekian informasi mengenai pertimbangan dalam memasang besi kanal C untuk atap yang bisa Anda ketahui. Konsultasi lebih lanjut mengenai pemasangan bisa Anda lakukan pada kontraktor bangunan yang Anda percaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *