WhatsApp kian populer dan makin meningkat jumlah pemakainya dari hari ke hari. Diperkirakan 1,5 penggunanya tersebar di ratusan negara. Sehingga untuk keperluan komersial pun kini banyak perusahaan yang mulai memutuskan untuk juga menggunakannya. Sehingga ada yang namanya Whatsapp API. Apa itu WhatsApp API Indonesia. Berikut ini penjelasannya.

WhatsApp API Indonesia

Whatsapp atau WA, API Indonesia adalah akun whatsapp yang telah diverifikasi dan mendapat status centang biru sebagai akun WA resmi suatu badan atau lembaga atau organisasi atau perusahaan. API merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yakni serangkaian kode yang mampu digunakan untuk membangun suatu komunikasi dan juga berinteraksi dengan software lain yang digunakan pada suatu perusahaan, sehingga perusahaan pun mampu untuk menggunakan program secara terintegrasi dan terkoneksi dengan WhatsApp lalu dapat digunakan untuk berinteraksi dengan para konsumen melalui WA API tersebut. Whatsapp API berbeda dengan Whatsapp Business yang biasa yang tidak dapat melakukan integrasi ataupun dimodifikasi dengan berbagai fitur canggih yang lainnya dengan secara fleksibel. Whatsapp Business API juga dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem bisnis lainnya yang telah dipakai, seperti contohnya ada CRM (customer relationship management) serta customer service System, juga AI serta sistem analisa dan lain sebagainya. Integrasi Whatsapp dengan CRM itu juga sering disebut juga dalam istilah sebagai Whatsapp CRM. 

Fitur WhatsApp API Indonesia

Aneka Fitur yang terdapat pada WhatsApp API itu antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Sistem terintegrasi dengan berbagai sistem yang lainnya
  2. Verified business profile dengan tanda centang biru
  3. Send bulk notification
  4. Reply otomatis dan Use automation lainnya
  5. Multi agents Access
  6. Dan lain sebagainya.

Itulah perbedaan antara WhatsApp API dengan akun WA yang biasanya. Tujuan memiliki WA API itu adalah lebih memudahkan dalam komunikasi dengan sejumlah besar pelanggan atau konsumen, terutama bagi perusahaan besar atau menengah, dan juga bisa menambah kredibilitas perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *