Membuat kopi espresso kini lebih mudah dilakukan berkat Astoria Tanya machine espresso. Espresso sendiri adalah proses menyeduh kopi dengan tekanan tinggi. Metode pembuatan espresso diperkenalkan pertama kali di Italia sejak awal abad 20.

Proses Pembuatan Kopi Dengan Machine Espresso

Cara membuat espresso dengan machine espresso, kopi akan digiling terlebih dahulu sampai halus dengan grinder, setelah itu kopi akan dipadatkan atau sering dikenal dengan istilah tamping,  kemudian kopi akan diseduh dengan suhu dan tekanan tinggi, sehingga dihasilkan ekstrak kopi kental yang dikenal dengan nama espresso.

Istilah yang Wajib Dipahami Sebelum Menggunakan Mesin Espresso

Dalam menyeduh espresso biasanya dikenal sejumlah istilah yang perlu dipahami yaitu sebagai berikut

  • Portafilter: Bagian dari espresso machine yang menjadi wadah bubuk kopi dan tempat keluarnya cairan espresso
  • Leveling: Proses meratakan bubuk kopi pada portafilter
  • Grouphead: Bagian untuk meletakkan portafilter yang menempel pada mesin espresso
  • Tamper: Bagian mesin espresso yang digunakan untuk menekan bubuk kopi pada portafilter
  • Scale: Timbangan digital untuk menimbang kopi atau hasil seduhan.

Tips Membuat Espresso Nikmat

Untuk membuat espresso nikmat dengan Astoria Tanya machine espresso, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan espresso yang konsisten. Bahkan barista kadang harus melakukan eksperimen berulang kali untuk menemukan resep yang paling pas. Setiap barista pun memiliki resep andalan masing-masing baik dari segi pemilihan biji kopi hingga teknik penyajian. 

  • Asal Biji Kopi

Setiap jenis biji kopi mampu menghasilkan rasa tertentu. Dengan mengetahui asal kopi tersebut, hal ini akan berpengaruh pada roastingan kopi. Langkah ini biasanya telah ditangani oleh roaster untuk menentukan tingkat pemanggangan biji kopi, Dark roast lebih mudah dilalui air daripada light roast.

  • Dose

Sebagian barista merasa nyaman melakukan dosing berdasarkan ukuran filter basket, namun ada juga yang menimbangnya dengan scale pada espresso coffee maker. Dari tahap dosing, barista nanti akan menentukan rasi yang sesuai. Contohnya ketika ingin mengubah rasio, perbedaan tingkat kepadatan akan memberikan profil rasa yang berbeda meskipun menggunakan jumlah air yang sama.

  • Gilingan Kopi

Tingkat kehalusan bubuk kopi yang digunakan juga akan berpengaruh terhadap kualitas coffee espresso yang dihasilkan. Jika aliran air terlalu cepat, gilingan bubuk kopi dapat dibuat lebih halus untuk memperlambat laju air.

Demikian beberapa tips untuk membuat espresso yang lezat. Dengan menggunakan Astoria Tanya machine espresso, proses pembuatan espresso ini tentu akan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *