Berhasil dalam mencetak buku tidak semudah yang kebanyakan orang bayangkan. Pasalnya, terdapat beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum cetak buku di berbagai macam penerbit di Indonesia. Nah, sebelum kita membahas terkait hal tersebut, yuk intip dulu beberapa alasan kenapa kita harus mencetak buku.

Alasan Kenapa Buku Harus Dicetak atau Dipublikasikan

  • Investasi Masa Depan

Perlu Anda ingat bahwa karya dalam bentuk tulisan yang disimpan sendiri hanya dapat Anda nikmati sendiri. Namun, karya bermanfaat yang Anda buat akan banyak dirasakan oleh orang lain ketika Anda mencetaknya. Oleh sebab itu, karya yang tak termakan waktu milik Anda nantinya bisa dijadikan sebagai investasi masa depan mengingat akan memberikan manfaat bagi orang banyak sehingga Anda akan mendapatkan kebaikan serta pahala. Jadi, segeralah mencetak buku, terlebih harga cetak buku dikenal cukup terjangkau bahkan ada yang gratis.

  • Bangga

Di samping dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, kepuasan atau kebanggan terhadap diri sendiri yang sudah mampu menyelesaikan setiap bab di dalam buku juga akan muncul. Hal tersebut tentu menjadi momen yang tidak dimiliki oleh semua orang sehingga patut Anda usahakan untuk segera menerbitkan karya Anda.

  • Dijadikan Hak Paten

Beberapa penerbit profesional akan menjamin karya Anda dilindungi oleh hukum dengan hak paten. Pasalnya, banyak sekali kasus-kasus pencurian ide atau karya yang tidak dapat dilaporkan sebab tidak dipatenkan. Nah, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk melindungi tulisan Anda adalah dengan mencetak atau mempublikasikan di cetak buku profesional.

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Cetak Buku

  • Mempersiapkan Naskah

Persiapan paling utama yang harus Anda lakukan sebelum mencetak sebuah buku adalah dengan membuat naskah. Entah itu fiksi maupun non fiksi tetap harus dipersiapkan jauh-jauh hari dari target bulan publikasi yang Anda inginkan.

  • Menentukan Penerbit

Selanjutnya, tentukan sasaran penerbit yang hendak Anda percayai guna mempublikasikan tulisan Anda menjadi sebuah buku. Anda dapat menggunakan jasa penerbit mayor sebagai penerbit buku skala besar disertai popularitas cukup diakui atau menggunakan jasa penerbit minor/indie yang memiliki seleksi naskah tidak terlalu ketat.

  • Ketahui Beberapa Teknis Penerbitan

Anda juga perlu mengetahui layanan-layanan apa saja yang nantinya diberikan oleh penerbit yang dipilih. Salah satu yang perlu Anda dalami adalah terkait desain cover, layout, ISBN, kemasan, dan lain sebagainya.

Itulah persiapan yang harus Anda lakukan sebelum cetak buku di penerbit impian. Dengan mencetak buku, Anda akan memperoleh banyak manfaat baik yang akan dirasakan dalam jangka dekat maupun jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *