2018 April 04 Kesuksesan Pilkada Putaran Pertama Dan Kedua Harus Dilanjutkan

Kesuksesan Pilkada Putaran Pertama Dan Kedua Harus Dilanjutkan

Kesuksesan Pilkada Putaran Pertama Dan Kedua Harus Dilanjutkan

JAKARTA – Penyelenggaraan Pilkada putaran pertama dan kedua tergolong sukses. Penyelenggaraan secara serentak pada tahap pertama dan kedua berjalan dengan baik. Meski ada beberapa kendala namun secara umum berjalan dengan baik. Prestasi ini harus dilanjutkan oleh KPU sebagai panitia penyelenggara dan masyarakat sebagai pelaku dalam pesta demokrasi yang hendak memilih  gubernur dan walikota/bupati.

“Baik dari aspek teknis penyelenggaraan maupun dari sisi keamanan penyelenggaraan Pilkada pada putaran pertama dan kedua relativ baik dan boleh dibilang sukses,” kata Anggota Komisi II DPR RI Sutriyono.

KPU sebagai panitia Pilkada harus menciptakan hattrick kesuksesan menyelenggarakan Pilkada 2018. Hal paling pokok persoalan teknis penyelenggaraan Pilkada. Dan yang tidak kalah penting persoalan daftar pemilih. KPU melalui KPU Daerah harus memastikan semua warga yang memiliki hak pilih sudah terdaftar sebagai pemilih pada Pilkada 2018.

“Seringkali memicu kisruh itu pada pendataan jumlah pemilih. Sejak awal KPUD harus mempublish data Pemilih ini agar masyarakat tahu sejak awal,” katanya.

Selain itu netralitas KPU Daerah harus menjadi sikap etis dan moral. Integritas Pilkada ini sangat bergantung profesionalisme dan netralitas penyelenggara Pilkada dalam hal ini KPUD. Selaku Anggota Komisi II DPR RI yang membidangi dalam negeri dan Pemilu Sutriyono meminta KPU Pusat agar memberikan perhatian khusus terkait  hal ini. Informasi atau pengaduan publik yang disertai bukti permulaan harus segera ditindaklanjuti agar tidak merusak pesta demokrasi yang sudah dibangun.

“Untuk keamanan dan keterbitan selama proses pesta demokrasi daerah berlangsung menjadi tugas Polri agar memastikan sejak dini potensi konflik bisa ditangani dengan baik” katanya.

Pada penyelenggaraan Pilkada sebelumnya Polri sudah sukses dalam mengawal keamanan pemilihan gubernur dan walikota/bupati. Tinggal melanjutkan saja apa yang sudah dilakukan pada putaran pertama dan kedua.

“Semua komponen bangsa harus punya komitmen dan semangat yang sama untuk menjaga demokrasi yang sudah kita bangun dengan baik. Buktinya dengan menjaga Pilkada 2018 berjalan dengan jujur, aman dan demokratis,” kata pria asal Pati tersebut.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *