2019 October 06 Evaluasi RPJMN 2014-2019, PKS: Jadikan Industri sebagai Engine of Growth

Evaluasi RPJMN 2014-2019, PKS: Jadikan Industri sebagai Engine of Growth

Evaluasi RPJMN 2014-2019, PKS: Jadikan Industri sebagai Engine of Growth

Dr. H. Mulyanto, M.Eng. Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Bidang Industri-Pembangunan

Jakarta (6/10) – Wakil Ketua Fraksi PKS DPR DPR RI Bidang Industri-Pembangunan Mulyanto menggkritisi evaluasi RPJMN 2014-2019. Menurutnya Industri seharusnya menjadi mesin pertumbuhan untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa. Demikian disampaikan Mulyanto di Jakarta, Minggu (6/10).

“Industri itu kan semestinya menjadi engine of growth, mesin pertumbuhan untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa baik domestik maupun orientasi ekspor,” kata Mulyanto.

Menurutnya, yang terjadi sekarang ini adalah deindustrialisasi. Kontribusi sektor industri terhadap PDB terus anjlok sampai menjadi sekitar 20%. Padahal kinerja sektor ini pernah mencapai angka melebihi 25%. Para ekonom bahkan menyebutnya deindustrialisasi dini, karena sektor industri anjlok sebelum mencapai puncaknya.
“Menurut hemat saya, pemerintah perlu fokus pada arah ini. Jadikan industri sebagai prime mover. Lalu gerakkan industri kreatif, UMKM dan inovasi teknologi menjadi sumber-sumber pertumbuhan baru,” kata Mulyanto.

PKS sendiri dalam platformnya mengusulkan agar pemerintah memperkokoh Sistem Inovasi Nasional. Kejayaan sumber daya alam sudah lewat dan ini juga diakui pemerintah. Indonesia harus meningkatkan kemampuan SDM dalam inovasi teknologi. Pembangun inovasi dilakukan bersamaan dengan hilirisasinya dalam industri. Jangan membangun SDM dan Inovasi ini secara sporadis, perlu sistem nasional yang kokoh.

“Kita seringnya sporadis, responsif, sprint jangka pendek, inkonsisten. Susah untuk lari maraton menggunakan otot-otot putih kita. Membangun Sistem Inovasi Nasional ini perlu kesabaran dan berpikir jangka panjang,” kata Mulyanto.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *