Cara Menulis Bismillah di Word Dengan Cepat di Semua Versi

Sebagian orang masih banyak yang tidak mengetahui cara menulis bismillah di word. Mereka berfikir untuk melakukan hal tersebut adalah sesuatu yang sangat sulit, mengingat karena di keyboard laptop tidak ada huruf atau aksara untuk menulis bahasa arab.

Kalimat arab seringkali diperlukan oleh para pendidik terutama mereka yang berprofesi sebagai guru pengajar pendidikan agama islam.

Lantas bagaimana cara menulis bismillahirrahmanirraim di word ? jawabannya tentu sangatlah mudah, syaratnya kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi yang utuh.

4 Metode Cara menulis Bismillah di Microsoft Word 2007,2010,2016 dan versi Terbaru

Berikut beberapa langkah cara menulis bismillahirrahmanirrahim di word :

Tambah Settingan Bahasa Untuk Menulis Bismisllah di Word

cara menulis bismillahirrahmanirrahim di word
cara menulis bismillahirrahmanirrahim di word

Ada beberapa cara untuk menulis bismillahirrahmanirrahim di microsoft word, cara yang pertama ini ialah menambah bahasa pada windows. Untuk melakukan ini kamu harus masuk ke settingan terlebih dahulu.

Dalam kasus ini saya memakai laptop dengan sistem operasi Windows 8.1. pertama masuk pengaturan bahasa dengan menekan tombol windows.

  • Klik ikon search/pencarian di kanan atas
  • Ketik region
  • Pilih Region and Language Settings
  • Setelah terbuka kamu akan dihadapkan dengan bahasa yang sudah terinstall
  • Klik ikon tambah/add untuk menambah bahasa
  • Pilih Arabic
  • Karna tersedia banyak pilihan arabic mulai dari marocco, iraq dan yaman. Saya sarankan pilih arabic saudi arabia saja.
  • Setelah bahasa arab terpasang silahkan klik IND di taskbar dekat dengan logo speaker dan wifi.
  • Pilih Arabic
  • Buka aplikasi microsoft word dan silahkan mulah mengetik bahasa arab. Kamu sekarang sudah bisa mengetik aksara arab di microsoft word.

Itu cara menulis bismillah di microsoft word yang pertama, bagaimana cukup mudah bukan?

Kelebihannya menggunakan cara ini ialah kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan untuk menulis kalimat bismillah di word selain itu kamu juga bisa menulis kalimat atau aksara arab lainnya.

Namun meskipun demikian ada kekurangan dengan cara ini, salah satunya yakni cukup kesulitan atau rumit bagi kamu atau orang yang tidak terlalu pengalaman dalam menulis aksara arab.

Copy dari Sumber Lain untuk Menulis Bismillahirrahmanirrahim

Ilustrasi internet
Ilustrasi internet

Cara kedua sudah jelas untuk menulis kalimat bismillah di microsoft word ialah dengan mencopy atau mengambil dari sumber lain, situs web berbahasa arab misalnya.

Caranya sangatlah mudah yakni kamu cukup membuka browser ketikkan di mesin pencari google “kalimat bismillah” selanjutnya silahkan seleksi atau copy.

Buka aplikasi microsoft word lalu paste, lalu rapikan karna terkadang jika copy dari website paragrafnya tidak beraturan.

Cara kedua ini menurut saya ialah langkah langkah yang paling mudah untuk menulis bismillah di word. Ini berlaku di semua versi microsoft office yah mulai dari office 2007 hingga office versi terbaru.

Namun meskipun mudah untuk dilakukan cara ini mempunyai kelemahan yakni keterbatasan untuk menulis aksara bahasa arab karna hanya bermodalkan copy paste dari internet.

Menulis Bismillah dan Ayat lainnya dengan Qur’an Online

Ilustrasi Al-qur'an online
Ilustrasi Al-qur’an online

Cara ketiga untuk menulis bismillahirrahmanirrahim di microsoft word ialah dengan bantuan aplikasi atau situs web Al-Qur’an online.

Dengan situs Qur’an Online kamu tidak perlu khawatir untuk menulis kutipan ayat Al-Qur’an di Microsoft Word.

Ada beberapa situs Al-Qur’an online salah satunya ialah milik kemenag.

Berikut langkah – langkah menulis kutipan ayat Al-Qur’an di word.

  • Buka situs Al-Qur’an online milik kemenag di quran.kemenag.go.id
  • Selanjutnya silahkan pilih kutipan ayat yang akan dimasukkan di microsoft word di kolom pencarian
  • Seleksi dan copy kutipan ayat al-qur’an
  • Buka wordpad lalu paste
  • Selanjutnya silahkan copy dari wordpad lalu paste di microsoft word

Kenapa harus di copy ke wordpad terlebih dahulu tidak langsung di paste di microsoft word saja?

Alasannya aialah terkadang ada beberapa settingan di microsoft yang menyebabkan urutan aksara tidak arab tidak sesuai jika langsung dipaste di word.

Cara ini saya rekomendasikan karna tidak perlu install aplikasi tambahan untuk menulis bismillah dan kutipan ayat lainnya di microsoft.

Namun kelemahannya kamu harus selalu berada dalam terkoneksi dengan internet untuk mengakses Al-Qur’an online.

Install Add-Ins Qur’an Untuk Menulis Bismillah di Word

Ilustrasi add-ins Qur'an in Word
Ilustrasi add-ins Qur’an in Word

Jika menurut kamu ketiga cara diatas tidak cukup membuat kamu puas untuk menulis bismillah di microsoft word jangan khawatir karna cara ketiga ini menurut kami sangat cocok untuk kamu yang menginginkan paket komplit.

Solusi ketiga ialah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, kamu harus install aplikasi tambahan add-ins qur’an in word. Caranya installnya sangatlah mudah, kamu cukup install seperti menginstall aplikasi pada umumnya.

Tutorial cara pemasangan dan penggunaannya silahkan teman-teman tonton video beikut.

Akhir Kata

sebagian orang memang ada yang membutuhkan fitur penulisan aksara arab salah satunya yang berprofesi sebagai pendidik. Cara menulis bismillah di word ada beberapa metode mulai dari metode yang paling sederhana dan installa aplikasi tambahan seperti Add-Ins Qur’an in Word.

Terlepas dari beberapa metode diatas ada beberapa kekurangan dan kelebihan tersendiri, silahkan teman-teman eksplore sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

 

Tinggalkan komentar